15 Juni 2014

Peluang CPNS untuk Semua Jurusan Terbuka

Pembukaan pendaftaran untuk tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang belum dimulai. Informasi mengenai instansi dan jumlah kuota tiap instansi pun belum dapat diakses masyarakat.

Tetapi, ada sebuah kabar gembira. Pemerintah berencana membuka formasi CPNS untuk sarjana semua jurusan. Selama ini pendaftaran hanya dibuka untuk jurusan yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Akibatnya banyak lulusan jurusan tertentu yang tidak dapat mendaftar CPNS. Karena itu, peluang pendaftaran untuk semua jurusan akan memberikan kesempatan bagi para sarjana yang jurusannya tidak ada dalam formasi untuk mengisi jabatan tertentu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengungkapkan, “Tahun ini kita berikan formasi lima persen untuk semua jurusan. Langkah seperti ini sudah dilakukan sejumlah bank yang menerima pegawai dari semua jurusan. Bahkan ada Sarjana Teknik Nuklir yang pernah menjabat Direktur Utama sebuah bank BUMN, dan ternyata sukses,” ujarnya dalam keterangan persnya, Rabu (4/6).

Menpan juga mengatakan beberapa bank besar seperti City Bank, Bank Mandiri, Bank BNI menerima pegawai dari semua jurusan. Sebut saja teknik, manajemen, ekonomi, accounting, sastra, pertanian, kehutanan, dan sebagainya. Setelah diterima, pegawai dari berbagai jurusan ini kemudian dilatih terus menerus, dan ternyata banyak yang berhasil. “Kenapa kita tidak buat seperti itu,” imbuh Menpan.

Menpan juga mengaku memahami dalam rekrutmen CPNS belakangan ini ada beberapa jurusan yang tidak ada formasinya. Karena itu, dalam rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN), tetap ada formasi untuk jabatan fungsional tertentu dan akan dibuka formasi semua jurusan. “Jumlahnya tidak banyak, maksimal lima persen dari formasi. Jangan sampai mereka bilang, lulusan ini kok tidak ada formasinya,” ujarnya.

Untuk rencana rekrutmen 2014 ini, sekitar pertengahan Juni ini pemerintah akan menetapkan formasi ASN dari masing-masing instansi pemerintah, untuk selanjutnya lowongannya diumumkan.

“Pelaksanaan pendaftaran dan tes kompetensi dasar mudah-mudahan bisa dimulai pertengahan Juli, setelah pemilihan presiden,” pungkasnya.

Berniat mendaftar CPNS 2014? Siapkan diri Anda mulai saat ini dan selalu perbaharui informasi di situs resmi rekrutmen CPNS.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: