11 Juni 2014

Pemda Diingatkan Jangan Asal-asalan Menambah PNS

Pemerintah daerah diminta melakukan perencanaan ketika ingin menambah jumlah pegawai. Ini agar birokrasi diisi oleh SDM aparatur  profesional dan punya kompetensi.

“Merekrut pegawai harus ada perencanaan dan buka dadakan. Kalau dadakan manajemennya pasti kacau balau terutama soal pembayaran gaji,” kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Tasdik Kinanto di kantornya, Jakarta, Rabu (4/6).

Ditegaskannya, dalam menambah personil aparatur sipil negara (ASN), harus disesuaikan dengan analisis jabatan, analisis beban kerja, rasio anggaran belanja pegawai setiap daerahnya.
“Memang dalam seleksi CPNS banyak putra daerah yang tidak lolos. Ini karena kualitas SDM masing-masing daerah tidak sama. Namun pemerintah juga tidak menutup mata. Karenanya dalam menentukan tingkat kelulusan kita memberikan tingkat ambang batas (passing grade) yang tidak sama,” jelasnya.
Untuk itu, yang harus dilakukan pemda adalah meningkatkan kualitas SDM putra daerah. “Bukan dengan menambah personil pegawainya,” ujar Tasdik.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: