22 Juni 2014

Pengumuman Rekrutmen CPNS Diundur Juli 2014

Pengumuman rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 diundur Juli bulan depan. Dengan pertimbangan mengoptimalkan persiapan, pemerintah mengundurkan masa pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari rencana semula Juni menjadi minggu ketiga dan keempat Juli tahun ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, saat ini tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) masih melakukan penetapan formasi untuk setiap instansi.

“Pada awal Juli, akan diumumkan formasi tiap masing-masing instansi. Untuk pendaftaran online, rencananya akan mulai dibuka pada minggu ketiga dan keempat bulan Juli,” ujarnya seperti dilansir laman Kemenag.

Dengan demikian, Herman memperkirakan tes seleksi CPNS 2014 akan mulai digelar serentak, baik pusat maupun daerah, pada Minggu pertama di bulan Agustus.

Menurutnya, untuk pengadaan tes pada Agustus mendatang, secara keseluruhan akan dilakukan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Bagi daerah yang masih belum memadai infrastrukturnya, lanjutnya, Kementerian PAN-RB akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) untuk meminjam laboratorium dinas pendidikan dan kebudayaan (Dispendik) daerah.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PAN-RB itu mengemukakan tahun ini ada 100.000 kursi yang telah dialokasikan untuk CPNS pemerintah pusat dan daerah.

Formasinya, 60.000 untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan sisanya, 40.000 untuk jatah pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).Ia juga menyebutkan, pada tes CPNS tahun ini, Pemerintah memberikan jatah 5% atau 5.000 kursi dari 100.000 kursi tersebut untuk pelamar dari berbagai disiplin ilmu.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: