16 Juni 2014

Tahun Ini Banda Aceh Tidak Buka Tes CPNS 2014

PEMERINTAH Kota Banda Aceh menyatakan  tidak membuka tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas Pemko Banda Aceh, Drs. Marwan, di ruang kerjanya.

Menurut dia, ada beberapa alasan Pemko Banda Aceh tidak membuka tes CPNS tahun 2014. Di antaranya, karena ada perubahan batas usia pensiun bagi PNS di lingkungan pemerintahan berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Batas Usia Pensiun (BUP).

Sebelumnya, lanjut Marwan, batas masa pensiun PNS pada umur 56 tahun. Sementara tahun 2014 batas pensiun PNS pada umur 58 tahun. Kecuali eselon 2 yang bisa diperpanjang 2 tahun sekali.

“Tahun 2014 sebenarnya banyak yang pensiun. Tapi peraturan itu baru diterapkan pada Februari 2014 sehingga menyebabkan jumlah PNS di lingkungan Pemko masih banyak. Sebab yang jatah pensiun di atas bulan Februari harus diperpanjang lagi,” ujarnya.

Kedua, lanjutnya, peruntukkan anggaran Pemko Banda Aceh belum seimbang antara belanja publik dengan belanja aparatur.  Menurut dia, peruntukkan anggaran antara belanja publik dengan belanja aparatur sekarang berkisar 40:60.

“Itu salah satu alasan bagi pemerintah pusat untuk tidak memperbolehkan pemerintah daerah membuka tes CPNS, apabila belanja pegawainya masih tinggi daripada belanja publik. Padahal kita mengaharapkan fifty-fifty (50:50),” ujar Marwan.

Menurutnya, tidak dibukanya tes CPNS di Kota Banda Aceh bukan tahun ini saja. Menurut Marwan, Pemko Banda Aceh tidak menerima CPNS sudah tujuh tahun lamanya.[]

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: