15 Juni 2014

Tersedia 300 Lowongan CPNS untuk Penyandang Disabilitas

Menjadi penyandang disabilitas bukan berarti menutup peluang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah telah membuka seleksi khusus para penyandang disabilitas untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pada tahun 2014 ini, pemerintah kembali membuka penerimaan CPNS khusus penyandang disabilitas dengan 300 lowongan.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) menambah jumlah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk penyandang cacat dengan penambahan 50 posisi baru dibanding tahun lalu. Pada tahun sebelumnya, lowongan yang dibuka bagi penyandang disabilitas hanya sejumlah 250 posisi saja.

Seperti dijelaskan oleh Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar, penambahan ini bisa diberlakukan sebab mereka bisa ditempatkan di slot khusus. Misalnya untuk mengoperasikan komputer atau di posisi call center.“Supaya kita juga bisa melatih dioptimalkan kemampuannya. Minimal komputer kan di mana-mana ada,” kata dia. Peluang ini membuka kesempatan yang semakin luas bagi penyandang disabilitas untuk menjadi PNS.

Pada CPNS 2014 ini, peluang terbanyak berasal dari guru dan tenaga kesehatan. Peluang bagi dokter spesialis juga dibuka untuk penempatan di Puskesmas daerah. Hal ini dilakukan guna mendorong program BPJS Kesehatan agar bisa berjalan maksimal. Pemerintah, kata Azwar, telah gelontorkan dana sekian triliun namun program BPJS belum optimal. “Tetapi tenaganya juga harus cukup. Kita imbangi, nanti kerjasama dengan Depkes daerah mana saja yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Untuk merealisasikan hal itu, pemerintah berencana membuka sejumlah 3.000 lowongan untuk dokter. Azwar berharap jika nantinya tiap Puskesmas minimal memiliki satu dokter. Kalau tidak ada dokter, kata Azwar, namanya bukan Rumah Sakit.

Selain itu, pemerintah juga memiliki niatan untuk membuat system perekrutan sarjana pintar agar tidak “dibajak” negara lain. Akan ada proses perekrutan khusus yang mana akan dialokasikan ke LIPI dan BPPT. Perkrutan khusus ini juga diberlakukan untuk guru dan perawat di daerah seperti Papua dan Maluku.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: