28 Juli 2014

LOWONGAN CPNS 2014 Ini Kisi-Kisi Tes CPNS 2014, Kuasai 4 Pilar Kebangsaan

Seleksi CPNS tahun ini akan menekankan pada sejumlah komponen dalam tes kompetensi dasar (TKD). Materi yang akan dijukan meliputi 4 pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1845, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini akan menggunakan computer assisted test (CAT), dalam tes kompetensi dasar (TKD). Materi TKD terdiri dari 3 kelompok soal, yang kali ini disusun oleh konsorsium 17 perguruan tinggi negeri (PTN). Kelompok soal pertama tes meliputi wawasan kebangsaan para pelamar, mengenai 4 pilar kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sedangkan kelompok soal kedua adalah karakteristk pribadi, yang berisi soal-soal psikologis yang akan menggambarkan karakteristik masing-masing pelamar. Ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lainnya.

Kelompok soal ketiga adalah soal-soal yang akan menguji kecerdasan atau intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal atau berbahasa, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Dari ketiga tes tersebut hasil seleksi CPNS ini diterapkan ambang batas (passing grade) kelulusan. Bukan sekadar akumulasi atau jumlah keseluruhan nilai yang menentukan kelulusan, tetapi hasil tes dimaksud juga harus memenuhi ambang batas setiap kelompok soal, yakni karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum.

“Meski nilai totalnya tinggi, kalau nilai salah satu kelompok soal tidak mencapai angka yang ditetapkan, tetap saja tidak lulus,” kata Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: