04 Juli 2014

Simulasi Tes CPNS Tarik 700 Peserta Bursa Kerja

Minat masyarakat untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) memang sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari peserta simulasi ujian sistem computer assisted test (CAT) yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparutur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)saat meramaikan Career Expo Jakarta 2014 di Senayan City, Jakarta.

Kepala Bagian Komunikasi Publik KemenPAN-RB Suwardi mengatakan, acara ini dapat menarik pengunjung acara pameran bursa kerja tersebut. Terbukti, dalam dua hari  mampu menarik 700 peserta.

“Peminatnya kaya ular berekor, kemarin 500 lebih. Hari ini terakhir 272 orang,” kata dia.

Suwardi menuturkan, acara tersebut ditujukan sebagai sosialiasi agar masyarakat mengetahui sistem seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dia menerangkan, untuk mengikuti simulasi ini peserta mesti mengantre untuk mendapatkan nomor registrasi. Kemudian dengan nomor tersebut peserta baru bisa  membuka lembar soal. “Hasilnya langsung bisa dilihat,” ujar dia.

Adapun, dalam simulasi ini terdapat 50 soal dengan waktu pengerjaan sebanyak 10 menit. Jika soal terjawab dengan benar semua, maka nilai yang diperoleh sebanyak 250. Namun demikian, kata dia, masih banyak yang peserta yang belum mendapat nilai baik.

Sekadar informasi, pemerintah bakal membuka pendaftaran untuk mencari 100 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) pada minggu ketiga Juli 2014. Formasi itu terdiri atas 65 ribu CPNS dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Lowongan ASN itu tersebar di 482 instansi pemerintah, yang terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga, serta 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten/kota.

Untuk CPNS, 25 ribu formasi disediakan untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemerintah daerah. Sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 2 5 ribu untuk daerah.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: