05 Agustus 2014

Pendaftaran CPNS Hanya Dilakukan di Situs Panselnas

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 yang semula dimulai pada minggu ketiga bulan Juli 2014 diundur hingga akhir Agustus. Rekrutmen CPNS kali ini berbeda dengan tahun lalu, lantaran syarat yang dipermudah, diantaranya dihilangkannya syarat SKCK dan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Untuk rekrutmen kali ini pemerintah juga akan memberlakukan sistem informasi dan pendaftaran terpusat. Pendaftar hanya perlu mengakses satu situs saja pada pendaftaran yang dibuka 25-29 Agustus 2014 nanti.

Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan pendaftaran CPNS atau calon aparatur sipil negara (ASN) 2014 akan dilakukan dan diumumkan secara satu pintu. Pendaftar CPNS secara nasional akan dilakukan hanya melalui satu website terintegrasi.

Pendaftaran CPNS hanya dilakukan secara terpusat di website resmi panselnas, yakni di http://panselnas.menpan.go.id pada 25-29 Agustus 2014. System ini memungkinkan pelamar untuk memperoleh informasi soal pendaftaran CPNS sekaligus melakukan pendaftaran secara online.

Untuk proses pendaftarannya sendiri tidak mengalami banyak perubahan dibanding tahun lalu. Kolom untuk mengisi identitas beserta informasi pribadi lainnya tetap ada. Tetapi untuk SKCK, Katru Kuning dan Surat Keterangan Sehat tidak dibutuhkan dalam registrasi awal.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun ini ditetapkan, pelamar tidak bisa melamar di lebih dari 1 instansi, tetapi diberi keleluasaan untuk mendaftar maksimal untuk tiga pilihan jabatan dalam satu instansi.

Suwardi mencontohkan, misalnya di tiga unit kerja yang berbeda pada suatu instansi masing-masing membutuhkan sarjana Ilmu Pemerintahan. Maka seorang Sarjana Ilmu Pemerintahan dapat melamar ketiganya, dengan menyebutkan jabatan mana sebagai pilihan pertama, kedua dan ketiga. “Ini supaya penyerapan tenaga kerjanya maksimal. Karena, tahun lalu pernah kejadian 1 orang di terima di 3 instansi sekaligus. Tetapi karena hanya bisa di satu instansi, sehingga 2 jabatan sisanya jadi kosong. Jadi 30% lowongan tahun lalu tidak terisi, padahal biaya untuk perekrutan luar biasa besar,” paparnya.

Tes CPNS kali ini juga menggunakan system CAT, sehingga tidak memerlukan lembar jawab computer. Dalam rangka sosialisasi sitem CAT, panselnas sudah mengadakan sosialisasi dan uji coba CAT di sejumlah universitas.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: