26 Juni 2014

Formasi CPNS 2014 Masih Terbuka untuk Lulusan SMA

Pengadaan CPNS 2014 masih tetap memberi kesempatan kepada lulusan SMA plus. Tak hanya di instansi daerah, instansi pusat juga masih membuka lowongan bagi lulusan menengah atas.

“Tahun ini lulusan SMA masih ada formasinya. Tapi lulusan SMA plus ya, artinya yang punya keahlian lebih seperti bisa komputer, dan lain-lain. Karena lulusan SMA itu sebenarnya harus lanjut kuliah,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar kepada media.

Tahun lalu, formasi lulusan SMA/SMK cukup banyak. Pasalnya, banyak instansi pusat yang meminta lulusan SMA antara lain ditempatkan sebagai tenaga sipir, penjaga mercusuar, dan lain-lain.

“Tahun ini masih ada instansi pusat dan banyak instansi daerah minta formasi lulusan SMA. Akan kita kaji apa kebutuhan itu urgent atau tidak. Kalau hanya untuk posisi tenaga administrasi tidak akan saya kasih,” tegasnya.

Politisi PAN ini menambahkan, untuk daerah-daerah yang tingkat SDM-nya sudah tinggi, jatah lulusan SMA tidak akan diberi. Sedangkan daerah pemekaran, terisolir, perbatasan, dan terpencil, menjadi prioritas.

“Kita tidak bisa paksakan di wilayah-wilayah sulit harus lulusan sarjana atau diploma. Kalau diambil dari putra luar daerah, kepala daerahnya yang malah takut karena pasti diprotes rakyatnya,” terangnya.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: