28 Juni 2014

Pelamar CPNS 2014 Bisa Pilih 3 Formasi dalam satu instansi

Pelamar Bisa Pilih 3 Formasi. Tes CPNS tahun 2014 diprediksi akan semain ketat. Pasalnya menurut informasi terbaru para pelamar diberikan kelonggaran 3 pilihan, persis mekanismenya seperti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN).

Alhasil selain 100 persen menggunakan Computer Assisted Test (CAT), pelamar juga bisa memilih tiga lowongan jabatan sekaligus dalam satu instansi.

Dengan model seperti ini sudah bisa dipastikan, untuk formasi-formasi empuk di instansi-instansi yang dianggap vaforit bakal direbut oleh peserta yang nilai tes CAT-nya tinggi.

“Ya rencananya mirip UMPTN. Pelamar bisa memilih tiga pilihan dalam satu instansi. Misal melamar di kemenkeu, jurusan akuntansi misalnya bisa memilih jabatan A, B, dan C”

“Karena hampir semua lowongan di kemenkeu itu butuh akuntan” ungkap Herman Suryatman yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB.

Hal senada disampaikan Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB, Supardiyana. Dijelaskan salah satu yang menarik dalam tes CPNS tahun 2014 ini, seorang pelamar bisa mendaftar lebih dari satu pilihan.

“Satu orang dapat melamar tiga jabatan yang memiliki kualifikasi yang sama, dalam satu instansi” ungkap Supardiyana, seperti yang dilansir JPNN.

Mengenai soal tes, Supardiyana menjelaskan berbeda dengan tahun lalu. Kali ini ada 17 perguruan tinggi negeri ikut serta dalam penyusunan soal tes kompetensi dasar (TKD), yang kemudian akan diintegrasikan. Dengan demikian, jumlah soalnya menjadi semakin banyak variasinya.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

0 Comments: